Detail Berita

Share Berita

Pertama Kalinya, Kota Bandung Jadi Tuan Rumah Liga Mahasiswa U-21

BANDUNG - (PR).

Kota Bandung ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara turnamen sepak bola Liga Mahasiswa U-21 Piala Kemenpora dan Liga Muda FOPPSI U-11, yang diadakan pada tanggal 13-16 September. Ini merupakan pertama kalinya Kota Bandung ditunjuk sebagai tuan rumah dua turnamen tersebut yang menggunakan sistem gugur sebagai sistem kompetisinya.

 

Dipilihnya Kota Kembang tidak lain karena daerah ini memiliki sarana olah raga yang lengkap dan memadai. Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alman Hudri mengatakan, Kota Bandung memiliki banyak lapangan untuk digelarnya pertandingan sepak bola.

 

"Setelah digelarnya PON (Pekan Olahraga Nasional) 2016 kemarin, sarana dan prasarana di Bandung masih bagus. Lalu Pemprovnya khususnya Dispora nya juga sangat mendukung. Sehingga kami tidak memiliki kesulitan dalam menjalankan kerjasama dengan Jabar," ujar Alman seusai membuka secara resmi Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora tingkat Nasional 2018 di Stadion SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Kamis 13 September 2018.

 

Dia menambahkan, kejuaraan ini bertujuan sebagai bagian dari sarana pembibitan pemain sepak bola. Selain itu kegiatan ini juga menindaklanjuti kebijakan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo agar segera melakukan percepatan pembinaan sepak bola secara khusus. "Kami berikan media sarana untuk berkompetisi mulai dari usia 12, 14 dan 21 tahun. Kami lakukan untuk memberikan wadah untuk mengukur hasil latihan yang selama ini dilakukan," katanya.

 

Bibit Timnas

Alman berharap melalui kejuaraan ini, muncul bibit-bibit pesepak bola yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia kedepannya dalam menghadapi ajang Internasional. "Seperti di usia 16 sudah berkontribusi dan terpilih untuk dipersiapkan menghadapi AFC," tuturnya.

Disisi lain, Ketua Koordinator Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora tingkat Nasional 2018, Heri Fitriansyah mengatakan bahwa kejuaaran ini digabungkan dengan Liga Muda FOPPSI U-11.

 

Total sebanyak 48 peserta untuk Liga Mahasiswa U-21 dan 13 peserta untuk Liga Muda yang digagas Forum Persatuan Pembinaan Sepak Bola Indonesia (FOPPSI). "Kejuaraan ini sudah bergulir sejak tingkat regional dari seluruh Indonesia. Totalnya ada 16 regional, sekarang seri nasional dan kita tetapkan di Bandung," jelas Heri.

 

Kejuaraan ini, lanjut Heri menggunakan sistem gugur dan dipertandingkan di Stadion SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik dan Stadion Siliwangi, Jalan Lombok Bandung. "Dari total peserta saat ini, mewakili setiap provinsinya. Harapannya untuk U-11 meraih prestasi terlebih dahulu. Sementara Liga Mahasiswa mencari bibit pemain yang diharapkan," tuturnya. ***

Komentar

Belum Ada Komentar

Pesan

Polling

Rumput GBLA Belum Layak. bagaimana pendapat anda ?

0 point
0 point
0 point
0 point

Facebook

Instagram

@disporajabar