Detail Berita

Share Berita

Hasil Seleksi Popnas XIV Jabar akan Ditetapkan

BANDUNG, FOKUSJabar.com

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat akan mengolah hasil pelaksanaan seleksi atlet pelajar untuk pembentukan Tim Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jawa Barat yang akan digelar September 2017 mendatang di Semarang, Jawa Tengah.

Hal ini untuk memastikan atlet pelajar mana yang akan membela Tim Jabar pada Popnas XIV/2017 di setiap cabang olahraga.

Kepala Bidang Olahraga Prestasi Dispora Jabar, Nandang Saptari menuturkan, proses pelaksanaan seleksi atlet pelajar dari 21 cabang olahraga yang dipertandingan di Popnas XIV/2017 digelar pada Kamis-Sabtu (13-15/7/2017) lalu diikuti ratusan atlet. Bahkan kuota atlet yang sudah ditetapkan untuk mengikuti seleksi pun hampir melebihi.

“Dari yang kita undang untuk seleksi sebanyak 700 atlet ditambah 60 pelatih, hampir semua cabang olahraga jumlahnya melampaui. Dan untuk keputusan hasil seleksi, rencananya kita akan bahas bersama dengan penanggungjawab di 21 cabang olahraga Popnas XIV pada Kamis (20/7/2017) besok. Insha Allah, pada hari itu juga ada keputusan atlet siapa yang akan masuk dalam pemusatan latihan Popnas XIV Jabar,” kata Nandang, Rabu (19/7/2017).

Menurut Nandang, dari seleksi tersebut, pihaknya akan mengambil sebanyak 343 atlet di 21 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah atlet yang akan mengikuti pemusatan latihan Popnas XIV  sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh PB Popnas XIV Jateng untuk 21 cabang olahraga.

“Dari 21 cabang olahraga yang dipertandingan di Popnas XIV, kuota terbanyak di cabang olahraga atletik sebanyak 30 atlet, lalu pencak silat sebanyak 28 atlet, dan bola voli indoor serta bola basket yang masing-masing sebanyak 24 atlet. Hasil dari seleksi ini akan kita bawa pada rapat koordinasi atau chief de mission meeting yang akan dilaksanakan di Semarang pada 26 Juli mendatang, sekaligus melakukan finalisasi entry by number Popnas 2017,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi pada Bidang Olahraga Prestasi Dispora Jabar, Nandang Roekanda menambahkan, atlet yang telah lolos dari seleksi dan ditetapkan masuk dalam komposisi Tim Popnas XIV Jabar, diharapkan untuk terus melakukan latihan secara rutin dan meningkatkan kemampuannya. Pihaknya pun akan menggelar proses pemusatan latihan melalui tahapan desentralisasi dan sentralisasi.

“Untuk tahap desentralisasi akan dilakukan dua kali pada bulan Agustus 2017 mendatang. Di tahap desentralisasi ini kita akan pantau perkembangan atlet dan tidak menutup kemungkinan masih ada perubahan komposisi atlet jika ternyata ada atlet yang cedera, sakit atau tidak memperlihatkan kemajuan,” kata Nandang Roekanda.

Usai pelaksanaan tahapan desentralisasi, para atlet pelajar ini akan memasuki tahapan sentralisasi. Rencananya, tahapan sentralisasi ini akan dilakukan awal September 2017 mendatang.

“Di tahap sentralisasi ini, komposisi atlet sudah tidak bisa diubah lagi. Kalau di tahap desentralisasi, para atlet masih bisa pulang ke rumahnya, namun di tahapan sentralisasi ini atlet tidak pulang dan akan langsung berangkat ke Semarang untuk bertanding di Popnas XIV. Kita targetkan untuk mempertahankan juara umum Popnas yang kita raih tahun 2015 lalu,” pungkasnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Pesan

Polling

Rumput GBLA Belum Layak. bagaimana pendapat anda ?

49 point
17 point
11 point
6 point

Facebook

Instagram

@disporajabar