Detail Berita

Share Berita

Pertahankan Titel Juara Umum di POPNAS XIV/2017, Ini Upaya Dispora Jabar

BANDUNG, (FOKUSJabar.com) Untuk mencapai target juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV pada September 2017 di Semarang, Jateng, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar melalui Bidang Olahraga Prestasi sudah menyiapkan berbagai program. Usai pelaksanaan seleksi ketat bagi atlet pelajar, ‎beberapa program pun sudah disiapkan guna menghadapi perhelatan multieven olahraga pelajar tingkat nasional.

Kepala Bidang Olahraga Prestasi pada Dispora Jabar, N‎andang Saptari menuturkan, pada pelaksanaan seleksi untuk penentuan tim inti Popnas XIV/2017 Jabar, pihaknya hanya akan merekrut atlet yang benar-benar berpeluang meraih medali.‎ Dengan demikian, jumlah atlet pelajar yang akan menjadi wakil Jabar di ajang Popnas XIV/2017 pun dipastikan berkurang banyak dibanding saat gelaran Popnas XIII/2015 di Bandung, Jabar.

“Usai ‎pelaksanaan seleksi dan didapatkan atlet pelajar terbaik dari yang paling baik, kita akan memulai tahapan pemusatan latihan,” ujar Nandang saat ditemui di kantor Dispora Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (16/6/2017).

Untuk pelaksanaan pemusatan latihan tersebut, akan digelar melalui dua konsep. Yakni desentralisasi dan sentralisasi.

“Untuk desentralisasi akan dilakukan sebanyak dua kali, pada akhir Juli 2017 dan pertengahan Agustus 2017. Pada tahap desentralisasi, setiap nomor pertandingan di masing-masing cabang olahraga sudah diisi oleh atlet meski masih memungkinkan pergantian,” terangnya.

Untuk tahapan sentralisasi, rencananya akan dilakukan pada akhir Agustus 2017. Pada tahapan sentralisasi ini, komposisi atlet inti Popnas XIV/2017 Jabar pun sudah terbentuk dan tidak ada lagi pergantian.

“Di tahap sentralisasi, atlet akan berlatih selama kurang lebih dua pekan dan langsung berangkat ke Semarang, Jateng, untuk berlaga di Popnas XIV. Jadi atlet tidak kembali lagi ke daerah asal seperti halnya di tahapan desentralisasi satu atau dua,” tambahnya.

Selain persiapan atlet, lanjutnya, pihaknya pun sudah mulai memetakan kekuatan setiap provinsi di 21 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Popnas XIV. Jabar pun memiliki beberapa cabang olahraga unggulan yang diprediksi bisa mendulang banyak medali emas.

Ke-21 cabang olahraga yang dipertandingkan di Popnas XIV/2017 yakni angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepakbola, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, taekwondo, tinju, dan tarung derajat. Dari 21 cabang olahraga tersebut, akan mempertandingkan sekitar 253 nomor pertandingan.

“Dari 21 cabang olahraga tersebut, kita punya cabang unggulan. Seperti renang, pencak silat, ‎taekwondo, tarung derajat, dan dayung. Bahkan untuk renang, kita cukup optimistis bisa meraih hasil seperti saat Popnas XIII di Bandung. Dan hasil pemetaan kita, setidaknya renang bisa menyumbang 17 medali emas. Kita yakin dan terus berupaya mempertahankan titel juara umum,” tegasnya.

 

Seperti diketahui, Jabar keluar sebagai juara umum pada perhelatan Popnas XIII yang digelar di Kota Bandung pada ‎September 2015 lalu. Pada gelaran Popnas edisi ke-13 tersebut, Jabar berhasil meraih 58 medali emas, 40 medali perak, dan 57 medali perunggu. Jabar pun berhasil mengalahkan pesaing utama yakni DKI Jakarta yang harus puas di posisi runner up dengan raihan 57 medali emas, 40 medali perak, dan 39 medali perunggu. Dan peringkat tiga ditempati kontingan Jatim dengan raihan 35 medali emas, 41 medali perak, dan 39 medali perunggu.

Komentar

Belum Ada Komentar

Pesan

Polling

Rumput GBLA Belum Layak. bagaimana pendapat anda ?

31 point
14 point
6 point
3 point

Facebook

Instagram

@disporajabar