Detail Berita

Share Berita

“102 Anggota Paskibraka Iringi Prosesi Pengibaran Bendera Peserta PON di GBLA”

“102 Anggota Paskibraka Iringi Prosesi Pengibaran Bendera Peserta PON di GBLA”

Bandung - Sebanyak 102 petugas Paskibra Provinsi Jawa Barat mengibarkan 33 bendera kontingen peserta PON XIX/2016 dan satu bendera merah putih. Upacara pengibaran yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PB PON Jawa Barat Ahmad Heryawan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Rabu (14/9/2016).

Salah satu petugas pengerek bendera Jawa Barat, Aminah Prihatini mengaku bangga bisa mengibarkan lambang kebesaraan rakyat Jabar di atas tiang. Ia dipercaya oleh tim Pasikbra Provinsi Jawa Barat untuk memegang bendera tuan rumah.

"Saya bangga, senang yah karena bisa dipercaya buat mengibarkan bendera Jawa Barat," tutur Aminah siswa kelas 3 dari SMAN 3 Kota Cimahi, saat ditemui di Stadion GBLA, Kota Bandung.

Ia mengaku penunjukan dirinya memegang bendera Jawa Barat baru diketahuinya tadi pagi, sebelum upacara dimulai. Momen langka ini menjadi pengalaman kedua yang paling berharga baginya setelah menjadi petugas pengibar bendera merah putih pada acara kemerdekaan Indonesia kemari di tingkat Provinsi Jabar.

"Baru dikasih tahu pagi tadi. Awalnya saya pegang bendera Yogya saat latihan terus ganti lagi megang bendera Riau, tapi tadi dikasih tahu untuk megang Jawa Barat," ungkap wanita berkerudung ini.

Aminah menjelaskan formasi pengibaran bendera para peserta PON kali ini berbeda dengan formasi saat mengibarkan bendera merah putih. Masing-masing tim yang telah diberikan tanggung jawab dalam tugasnya akan menarik bendera hingga ke puncak tiang.

"Berbeda dengan upacara kemerdekaan, nanti ada pengiring bendera lalu masing-masing tim pengibar langsung menuju tiang untuk mengibarkan bendera yang dibawa," jelasnya.

Para petugas telah melakukan latihan sejak tanggal 10 September 2016 kemarin.

"Seminggu kita latihan untuk mematangkan proses pelaksanaan sekarang," kata dia.

Sementara itu dalam waktu yang bersamaan, dilaksanakan apel pasukan pengaman PON XIX/2016 Jawa Barat. Sebanyak 28.021 personel gabungan baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan jajaran intansi pengamanan lainnya turut hadir dalam apel tersebut.

Seluruh personel yang terlibat dalam apel pengamanan PON XIX/2016 Jawa Barat meliputi wilayah Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Karawang, Subang, Bogor, Sukabumi, Sumedang, Kota Cirebon, Indramayu, dan Bekasi.

Sasaran terciptanya apel pengamanan ini agar event olahraga tingkat nasional empat tahunan ini berjalan aman, lancar dan tertib di seluruh wilayah Jawa Barat, khususnya di lokasi yang memiliki venue pertandingan cabang olahraga (cabor).

Sumber berita : Detik.com

Komentar

Belum Ada Komentar

Pesan

Polling

Rumput GBLA Belum Layak. bagaimana pendapat anda ?

0 point
0 point
0 point
0 point

Facebook

Instagram

@disporajabar