Detail Berita

Share Berita

97 TIM Basket Tampil Di Liga Mahasiswa

Bandung, 11/10 (Antara) - Sebanyak 97 tim bola basket putra dan putri dari 53 perguruan tinggi di Indonesia dipastikan turun pada Liga Bola Basket Mahasiswa (Lima) yang akan digelar Oktober 2013 hingga Februari 2014.

Liga yang mengusung tema 'bigger', 'better', 'louder' ini mengembangkan kompetisinya dengan hadir di enam kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang.

"Jumlah peserta Lima tahun ini meningkat, termasuk 20 tim dari luar Jawa, sambutannya luar biasa," kata CEO Liga Mahasiswa Ryan Gozali di Bandung, Jumat.

Menurut Ryan, baik dari jumlah tim mapun universitasnya meningkat, dan belum termasuk peserta dari Nusantara Conference yang waktu pendaftarannya akan dibuka pada 14 Oktober 2013 mendatang.

Ryan Gozali menyebutkan tim peserta di wilayah Jakarta diikuti 14 tim putra dan 12 tim putri, DI Yogyakarta diikuti 15 tim putra dan 12 tim putri, Jawa Timur 12 tim putra dan 12 tim putri serta di wilayah Jabar 12 tim putra dan delapan tim putri.

"Liga Mahasiswa memiliki aturan khusus dimana mewajibkan para peserta untuk memiliki IPK dengan batas minimal 2,0," katanya.

Tak sampai di situ, peserta atau pemain juga harus melakukan aksi bakti sodial selama minimum enam jam agar dapat masuk ke babak grand final.
Babak penyisihan Liga Mahasiswa dilakukan di wilayah masing-masing, tapi untuk penyelenggaraan grand final season 2013 dan 2014 akan diadakan di Yogyakarta pada Februari 2014.

"Lima menerapkan peraturan khusus, hal itu juga untuk tetap menjaga kualitas dan kelanjutan kuliahnya. Sehingga ada batas minimal IPK bagi pemain yang berlaga," katanya.

Tahun ini, kuota bagi setiap wilayah yang berlaga di babak final akan ditambah. Bila sebelumnya final hanya 12 tim putra dan sembilan tim putri, ditambah menjadi 30 tim yakni 16 tim putra dan 14 tim putri," kata Ryan.

Wilayah Jakarta akan mendapat jatah tim berlaga di babak final adalah empat tim putra dan tiga tim putri, Jabar dan Jatim masing-masing tiga tim putra dan putri, sedangkan Yogyakarta mendapat jatah terbanyak yakni lima tim putra dan empat tim putri.

Khusus di wilayah Jawa Barat, pertandingan akan digelar di GOR Tri Lomba Juang, GOR Unpad dan GOR Padjadjaran Bandung.

"Di wilayah Jabar akan ada 114 pertandingan, dimana delapan pertandingan play off. Laga digelar dalam sistem setengah kompetisi," kata Koordinator pertandingan wilayah Jabar Dwui Eriano menambahkan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Pesan

Polling

Rumput GBLA Belum Layak. bagaimana pendapat anda ?

285 point
244 point
243 point
219 point

Facebook

Instagram

@disporajabar